Minggu, 06 Februari 2011

ISLAM: Dien Wahidun* oleh: Musafir Kelana


Para Rasul itu sama dan tidak boleh dibedakan satu sama yang lainnya (QS 4/152, 2/136, 285, 3/84). Para Rasul semua membawa Huda (Kitab Allah) dan Din Haq (Islam) (QS 9/33, 48/28)

Beberapa keterangan Dien yang dibawa oleh Para rasul:

Nabi Nuh a.s. berkata:  “… dan aku disuruh supaya tergolong menjadi orang-orang yang berserah diri kepada Allah (muslim).(Yunus: 72)

Nabi Ibrahim dan Isma’il. Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua sebagai orang-orang yang berserah diri kepada-Mu (muslim)…. (Al-Baqarah: 128).

Nabi Ya’qub mewasiatkan ISLAM kepada anak-anaknya. Hai anak-anakku, sesungguhnya Allah telah memilih agama (Islam) untukmu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam keadaaan tetap memeluk agama Islam.(Al-Baqarah: 132).

Nabi Musa a.s. member nasihat  kepada para pengikutnya. … maka hendaklah hanya kepada-Nya kamu bertawakal jika kamu benar-benar muslim (orang yang berserah diri kepada-Nya).

Nabi Yusuf a.s. sangat berharap mati dalam keadaan Islam.… wafatkanlah aku sebagai seorang muslim, dan gabungkan aku bersama orang-orang yang shalih. (Yusuf: 10).

Hawariyin (pengikut setia Nabi Isa a.s.) pun menegaskan identitas keimanan mereka sebagai orang Islam.Kami beriman kepada Allah dan kami bersaksi sesungguhnya kami adalah muslim (orang-orang yang berserah diri). (Ali Imran: 52).

Ratu Saba’ berkata: Wa aslamtu ma’a Sulaiman lillahi rabbil alamiin “… dan aku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Rabb semesta alam.” (An-Naml: 44)

Rasulullah Muhammad saw. menegaskan bahwa Dien para nabi dan rasul adalah satu: Islam. “Nabi-nabi itu bersaudara lain ibu. Ibunya berbeda-beda, tetapi Diennya  satu,” begitu kata beliau.

Intinya seluruh Para Rasul membawa misi mentegakan Dinul Islam,  Dia telah mensyariatkan agama kepadamu, sebagaimana yang diwasiatkan-Nya kepada Nuh, dan yang telah diwahyukan kepadamu dan Kami wasiatkan kepada Ibrahim, Musa dan Isa, yaitu: tegakkanlah agama dan janganlah kamu bercerai-berai di dalamnya….(Asy-Syura: 13).

INILAH MAKNA AL-ISLAMU DIENUN WAHIDUN (iSLAM ITU DIEN YANG SATU), DIEN SATU-SATUNYA YANG DIBAWA OLEH PARA RASUL.
* Pengantar Dinul Islam   no. 01

Tulisan selanjutnya:
ISLAM; Bukan Sekedar Agama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar